Rabu, 13 Februari 2013

PENGETAHUAN TENTANG MATEMATIKA

Kali ini gue pengen berbagi beberapa hal yang gue tau tentang matematika dari mbah goggle...
silahkan di nikmati


7 Tokoh-tokoh Matematika Dunia__

1. Thales (624-550 SM)

Matematikawan pertama yang merumuskan teorema atau proposisi, tradisi ini menjadi lebih jelas setelah dijabarkan oleh Euclid.

2. Pythagoras (582-496 SM)

mencetuskan aksioma-aksioma, postulat-postulat yang perlu dijabarkan terlebih dahulu dalam mengembangkan geometri.
Bukan orang yang menemukan suatu teorema Pythagoras namun dia berhasil membuat pembuktian matematis. Pythagoras menemukan sebagai bilangan irrasional.

3. Socrates (427-347 SM)
filosofi besar dari Yunani. Pencipta ajaran serba cita, karena itu filosofinya dinamakan idealisme. Ajarannya lahir karena pergaulannya dengan kaum sofis. Plato merupakan ahli pikir pertama yang menerima paham adanya alam bukan benda.

4. Ecluides (325-265 SM)

Mungkin namanya kurang dikenal, tapi beliau disebut sebagai “Bapak Geometri” gan karena menemukan teori bilangan dan geometri. Subyek-subyek yang dibahas adalah bentuk-bentuk, teorema Pythagoras, persamaan dalam aljabar, lingkaran, tangen,geometri ruang, teori proporsi dan lain-lain. Alat-alat temuan Eukluides antara lain mistar dan jangka yang agan2 pake sekarang di sekolah

5. Archimedes (287-212 SM)

Agan2 yg pernah belajar fisika pasti tau nih org. Dia mengaplikasikan prinsip fisika dan matematika. Dan juga menemukan perhitungan π (pi) dalam menghitung luas lingkaran. Ia adalah ahli matematika terbesar sepanjang zaman dan di zaman kuno. Tiga karya Archimedes membahas geometri bidang datar, yaitu pengukuran lingkaran, kuadratur dari parabola dan spiral.

6. Appolonius (262-190 SM)

Kurang begitu terkenal juga. Tapi konsepnya mengenai parabola, hiperbola, dan elips banyak memberi sumbangan bagi astronomi modern. Ia merupakan seorang matematikawan yang ahli dalam geometri. Teorema Appolonius menghubungkan beberapa unsur dalam segitiga.

7. Diophantus (250-200 SM)
Ia merupakan “Bapak Aljabar” bagi Babilonia yang mengembangkan konsep-konsep aljabar Babilonia. Karya besar Diophantus berupa buku aritmatika, buku karangan pertama tentang sistem aljabar. Bagian yang terpelihara dari aritmatika Diophantus berisi pemecahan kira-kira 130 soal yang menghasilkan persamaan-persamaan tingkat pertama.

 

 Ratusan tahun yang lalu, manusia hanya mengenal 9 lambang bilangan yakni 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Kemudian, datang angka 0, sehingga jumlah lambang bilangan menjadi 10 buah. Tidak diketahui siapa pencipta bilangan 0, bukti sejarah hanya memperlihatkan bahwa bilangan 0 ditemukan pertama kali dalam zaman Mesir kuno.

Waktu itu bilangan nol hanya sebagai lambang. Dalam zaman modern, angka nol digunakan tidak saja sebagai lambang, tetapi juga sebagai bilangan yang turut serta dalam operasi matematika. Kini, penggunaan bilangan nol telah menyusup jauh ke dalam sendi kehidupan manusia. Sistem berhitung tidak mungkin lagi mengabaikan kehadiran bilangan nol, sekalipun bilangan nol itu membuat kekacauan logika.

Angka Nol memang angka yang misteri , beberapa fakta dari angka nol adalah :

1. Semua angka disertai oleh angka nol jika dilihat dari bilangan desimal. Misal 0,o. 0,1,.0,2. 1,0,4, 0 dsb. Angka nol adalah angka diam namun bergerak jika dilihat dari deretan angka desimal ini.

2. Berapapun angka itu jika dikalikan dengan angka nol hasilnya adalah nol. Artinya angka nol mampu menetralkan / mensucikan angka.

3. Angka nol bukanlah angka awal dan juga bukan angka akhir. Jika angka 1- 9 kita bisa menyebut angka satu lebih kecil/ lebih awal dari 2 dsb, namun jika angka nol ia menyertai semua angka. Tidak ada angka yang tidak disertai angka nol, misal kita sebut 9 , di lihat dari bilangan desimal dia adalah 9,00… dsb.

4. Tidak terikat namun melekat dengan semua angka, meliputi segala angka.
Karena sangat kecil tidak bisa lagi disebut atau tidak terhingga dan pada akhirnya dianggap nol saja. Tetapi, ide ini ternyata sempat membingungkan karena jika bilangan tidak terhingga kecilnya dianggap nol maka berarti nol adalah bilangan terkecil? Padahal, nol mewakili sesuatu yang tidak ada?

5. Semua bilangan yang dikalikan oleh angka nol akan menjadi nol

6. Semua bilangan yang ditambahkan angka nol akan tetap menjadi bilangan itu sendiri

7. bilangan yang dibagi nol akan menghasilkan bilangan yang tak terdefinisi

itulah uniknya angka nol dari matematika, masih banyak yang bisa kita gali dari ilmu matematika.



 kiat-kiat kita mencintai matematika ;

1.Biasakan dengan menganggap mudah ilmu matematika 


2. Biasakan dengan menghindari rasa takut terhadap matematika


3. Mencoba dan mencoba menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan matematika adalah kebiasaanmu. 

4. Anggaplah gurumu sebagai teman belajarmu 


Maaf ya gan,klo posting kali ini kurang menarik
maklum masih pemula
hhehe....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar